2/4/15

7:47 PM
2
PC INFO - Tidak sedikit yang mengeluh mengenai laptopnya, bahkan teman-teman kami sampai sekarang masih aja sering yang mengeluh pada kami karena laptopnya sering rusak, yang ini lah yang itu lah, banyak deh kerusakan dan keluhannya. tapi alhamdulilah, semuanya teratasi oleh kami. nah, bagi yang ingin tahu Kerusakan yang sering terjadi pada laptop dan solusinya, kini kami akan menshare nya.

ilustrasi laptop repair



AC POWER ADAPTER


Kerusakan pertama yang sering terjadi pada laptop adalah AC POWER ADAPTER, biasanya lampu power berkedip tak menentu dan lampu baterai berkedip lalu mati pada saat jack adaptor dicolokin.
nah, kerusakan nya adalah udah jelas pada jack adaptor atau gak pada adaptor charger laptopnya bro.
solusinya adalah stop kontak terlalu renggang, sehingga stek adapternya tidak terjepit atau mungkin stop kontak mengalami kerusakan, periksa output arus pada jack adaptor dengan multimeter pada posisi skala dc volt.


Backlight Lamp


Lampu latar tiba-tiba mati sendiri, dan tiba-tiba layarnya redup sendiri padahal sebelumnya tidak redup, jika terjadi masalah sepertin ini biasanya kerusakan pada backlight converter rusak, dan back light lampu rusak maka solusinya adalah ganti aja converter nya jika masih saja tidak bisa, biasanya sih masalah pada LCD, nah kalo udah ke LCD ya solusinya ganti LCD anda dengan LCD yang baru.



Syster Cooling


Masalah ini biasanya muncul pada saat anda bermain game terlalu lama ataupun menggunakan Laptop terlalu lama sehingga menimbulkan panas pada system cooling atau biasanya si disebut overheat. atau bisa jadi CPU laptop anda tersumbat oleh debu, karena akmibat debu yang tersumbat pada Laptop anda, itu pun juga menyebabkan overheat. maka solusinya adalah jika banyak debu, cukup bersihkan laptop anda dengan fakum cleaner, atau alat pembersih lainnya. dan jika overheat tambahkanlah mesin pendingin atau biasanya namanya cooling pad, simpan dibawah laptop anda agar kinerja processor yang tadinya panas menjadi stabil.


Harddrive


Sering sekali terjadi masalah ini, terutama pada saat kita mengupgrade Harddisk malah BIOSnya gak terbaca, kemungkinan ini adalah harddisk yang tidak terhubung dengan benar, harddisk juga terkena badsector, atau mungkin harddisk yang anda upgrade tidak cocok, nah solusinya adalah jika anda memgupgrade harddisk, pastikan harddisk anda terhubung dan terpasang dengan benar, kemotherboard, jika masih saja belum benar, coba anda lepas dulu harddisk anda kemudian pasangkan kembali, pastikan pemasangannya benar, kemudian masuk ke menu bios dengan setup default, lakukan safemode kemudian restart laptop anda, maka jika berhasil harddisk anda akan terbaca. nah kalo anda memasang kapasitas harddisk yang size nya lumayan besar, pastikan kapasitas nya memadai dengan laptop anda,



Keyboard

Masalah ini pun sering sekali, keyboar terbaca di BIOS tapi pada windows tidak terbaca, solusinya adalah kemungkinan besar ini adalah softwarenya. trik yang paling jitu adalah instal ulang aja windows nya, dan instal ulang juga software atau perangkat keyboardnya.


Laptop Make Noise


kerusakan ini biasanya muncul suara-suara aneh pada laptop anda, entah itu suara DVDROM anda, atau juga bisa suara Heatsink anda. nah, jika DVDROM anda yang rusak, anda bisa test coba anda masukan DVD film pada laptop anda, jika terdengar suara aneh, dan DVD film anda tidak terbaca, maka kerusakan ada pada optik anda yang sudah lemah, solusinya adalah ganti aja optik anda dengan optik yang baru, dan jika heatsink yang terdengar suara aneh, coba anda copot smua heatsink yang ada di laptop berikut heatsink yang ada di processor, bersihkan heatsinknya kemudian dipasangkan kembali, karena kemungkinan suara aneh yang ada di heatsink itu adalah karena heatsink anda yang kotor.



Laptop to slow


wah, apalagi masalah yang ini lebih sering terjadi, karena hampir semua pengguna laptop mengalaminya, karena mungkin penyimpanan data pada Memory atau harddrive nya melebihi kapasitas, makannya kinerja laptopnya melemah.atau bisa juga karena harddrive anda rusak itu pun mempengaruhi kinerja laptop anda, karena bisa menimbulkan kelambanan kinerjanya. solusinya adalah lakukanlah disk cleanup setiap min seminggu sekali. atau tips paling jitu adalah ya instal ulang sistem operasi anda dengan settingan default juga tentunya.. hehe..



Nah, itulah tadi masalah yang sangat sering terjadi pada Laptop, sebenernya sih masih banyak lagi, hehe, mudah-mudahan berhasil dan semoga bermanfaat bro. jika masih bingung, anda bisa tanyakan pada kami, caranya tinggalkan komentar anda di form komentar yang ada dibawah,atau jika ingin menghubungi kami langsung anda bisa tanyakan pada menu contact us yang ada di pojok kanan atas... terimakasih... baca juga Cara Mengatasi  Flashdisk tida terbaca pada pc atau laptop.


--PC INFO--





2 comments: