1/27/15

9:22 AM
PC INFO - Bagi siapa saja yang menggunakan netbook tanpa dilengkapi DVD-ROM tentunya akan kesusahan jika ingin netbook nya di install ulang. Ada 3 cara yang kami ketahui untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan DVD-ROM external, Menggunakan Virtual CD Drive (jika memungkinkan) dan menggunakan Flashdisk sebagai bootable. Nah disini kita akan membahas bagaimana Cara membuat Bootable Flashdisk tanpa Software.




Yang kami maksud tanpa software disini adalah tidak menggunakan aplikasi lain melainkan hanya memanfaatkan fitur yang disediakan windows saja. Caranya pun tidak begitu rumit asalkan mau mengikuti tutorialnya step by step. Berikut langkah – langkah yang harus dilakukan.
Cara membuat Bootable Flashdisk tanpa Software
Flashdisk


Persiapkanlah dahulu Flashdisk dan Windows installer yang sudah dijadikan ISO. Lalu hubungkan Flashdik ke komputer tunggu hingga terbaca dulu flashdisknya, setelah itu tekan buka Run atau klik win + R, tuliskan diskpart dan tekan enter. Nantinya akan terbuka Windows CMD.

Ketikan list disk lalu enter, lalu lihat ada di disk berapa kah flashdisk yang akan digunakan sebagai bootable jika tidak tahu, cara mengetahuinya dengan mudah adalah dengan memperkirakan ukurannya. Jika sudah tau di disk berapa flashdisknya, ketikan disk flashdisknya dan tekan enter.

Setelah itu, hapus dulu data, partisi dan file system yang ada di flashdisk dengan cara memasukan perintah clean dan tekan enter. Setelah selesai, masukan perintah create partition primary dan tekan enter lalu tunggu hingga prosesnya selesai.

Jika proses pembuatan partisi selesai, ketik active untuk membuat partisinya aktif. Ketik format fs=fat32 label=febian quick (ganti label dengan nama yang diinginkan) untuk memformat dengan system FAT32. Tunggu hingga proses format selesai. Hingga sampai step ini, flashdisk kamu sudah menjadi partisi yang aktif dan tinggal memasukan file installer windows saja untuk menjadikan flashdisk sebagai installer windows.

Seperti itulah langkah – langkah atau Cara membuat Bootable Flashdisk tanpa Software. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Baca juga Troubleshoting komputer dan solusinya

--- PC INFO ---

0 comments:

Post a Comment