1/26/15

8:42 PM
PC INFO - Bagi anda yang bingung bagaimana cara mengatasi trouble pada komputer anda, dan bagi anda yang sedang kebingungan karena komputer anda sedang mengalami trouble. Jangan khawatir bro, kali ini kami akan mebantu anda semua untuk memberikan solusi agar komputer anda benar seperti sedia kala lagi.
Computer Trouble


Mungkin tips ini sudah banyak di internet, tapi kali ini kami akan mengulas kembali mengenai ini. Dan semoga tips ini bisa mengatasi trouble pada komputer anda semua, berikut adalah macam-macam Troubleshoting komputer dan solusinya :

Komputer menyala tetapi layar tidak tampil

Bagi anda yang mengalami hal seperti ini, biasanya permasalahannya adalah pemasangan pada RAM anda tidak pas, atau bisa juga pada kaki-kakinya kotor. Nah solusinya adalah lepas RAM anda kemudian pasang kembali dengan posisi yang sudah benar yakinlah bahwa pemasangannya sudah benar tidak dalam posisi miring, bisa juga jika kaki-kaki RAM anda terlihat kotor, hapuslah kaki-kakinya dengan menggunakan penghapus pensil, kemudian pasangkan lagi RAM nya, dan jika masih saja tidak bisa tampil kelayar, kemungkinan RAM anda sudah rusak, maka dari itu segeralah ganti RAM anda dengan RAM yang baru.

Bunyi beep tiga kali pendek atau panjang

Jika komputer anda mengalami bunyi seperti ini maka kemungkinan kerusakannya adalah VGAn card nya kotor atau pada saat anda memasangkan VGA Card posisinya tidak benar atau miring, solusinya adalah sama seperti RAM.

Beep panjang berkali-kali tidak berhenti-henti.

Kerusakan ini biasanya berada pada Ram juga, jika komputer anda seperti ini lakukan seperti langkah yang pertama diatas, jika tidak ada perubahan, kemungkinan motherboard anda telah rusak.

Muncul tulisan DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER pada komputer anda.

Jika komputer anda muncul pesan seperti ini, biasanya kerusakan berada pada Harddisk, atau system yang ada di harddisk anda hilang, solusinya adalah pastikan harddisk anda dikenali oleh BIOS komputer caranya dengan memperhatikan tampilan awal apakah ada IDE / hardisk yang muncul atau tekan del pada saat awal menyala lalu lihat di standard setting apakah hardisk anda muncul tidak disitu. Jika muncul berarti hardisk bagus hanya systemnya/partisinya yang hilang> lakukan instala sisystem lagi, jika tidak muncul hardisk anda yang rusak> Ganti dengan yang baru. Atau coba tepuk secara perlahan badan hardisk lalu nyalakan lagi, jika berhasil segera backup data anda.Kenapa di tepuk pelan? sekedar memberi goncangan sedikit di motor hardisk yang macet agar bergerak lagi.

Komputer tiba - tiba tidak bisa membaca Flashdisk :

Masalah kebanyakan pada powersupply komputer yang sudah lemah, karena flashdisk menggunakan listrik tegangan rendah, jika powernya kurang berdampak pada pembacaan data yang ada di flashdisk. Solusi : Ganti PowerSupply atau coba colokan pada USB bagian belakang, karena langsung menempel di mainboard siapa tau powernya lebih bagus.

CD / DVD rom sulit terbuka/terkunci

Masalahnya karena CD ROM jarang digunakan dan sudah tua sehingga karet penggerak dari motor ke roda gigi mengendor sehingga pada saat motor bergerak membuka pintu cd terjadi slip sehingga pintu tidak bisa terbuka.Solusi : ambil sebuah paperclip luruskan lalu tusuk pada bagian pintu cdrom yang ada lubang kecilnya, dorong hingga pintu berhasil terbuka.Saran : Sebaiknya jangan biarkan CDrom selalu kosong,paling tidak masukan cd blank agar motor cd rom tdk macet.

Monitor berubah - ubah warna

Kerusakan pada RGB monitor anda, kemungkinan besar ada patrian/solderan yang terlepas/retak atau kabel data monitor tidak terkunci dengan baik ke VGA. Solusi : Reparasi Monitor atau kencangkan kabel data ke vga.

Komputer Tidak Mau Hidup

Cara Mengatasinya adalah Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada PC) =>Cek apakah stabilizer berfungsi atau tdak (jika memakai stabilizer)=>Cek kabel power pada CPU=>Jika masih juga tidak mau hidup permasalahanya mungkin terletak pada power supply atau MB.

Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting

Cara Mengatasinya =>Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep =>Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik=>Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory=>Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card=>Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity=>Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video=>Cek dengan menggunakan software dianosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll.

Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8)

Cara Mengatasinya=>restart kembali komputer anda=>jika masih trouble intall ulang windows anda=>jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah cek dengan : scan disk

Komputer Sering Hang

Cara Mengatasinya=>Disebabkan software mengalami crash=>tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang “Not Responding”=>tekan tombol restart pada CPU=>Disebabkan hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)=>konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows=>install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda, lepaskan dulu hardware baru anda=>jalankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel.

Keyboard Tidak Dikenali Oleh Komputer

Cara Mengatasinya=>cek apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar=>jika sudah tapi masih juga keyboard tidak terdeteksi maka kemungkinan keyboard anda bermasalah=>coba ganti keyboard anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalah maka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port keyboard di MB anda.=>Jika memang Sudah di Ganti Keyboard Baru tapi tetap tidak terdeteksi Juga Coba Ganti dengan Keyboard USB dan apabila tidak terdeteksi Juga berarti ada yang salah Pada sitem Windows Sobat.

Komputer Sering Crash

Cara Mengatasinya =>cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan jua cek ram, processor dan juga vga.

Lupa Password BIOS

Cara Mengatasinya =>Cabut batterey cmos pada cpu=>Atau dengan cara emncoba menebak bberapa password default untuk beberapa produsen bios misalkan AMI dan AWARD (contoh : A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589 dll) 

Menambah Perangkat Hardware Baru, Tp Tidak Terdeteksi Oleh BIOS

Cara Mengatasinya => Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru, maka segera update bios anda 


Pasang Processor Baru Tp Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasinya =>cek apakah anda sudah memasang processor dengan benar=>cek apakah posisi jumper pada processor sudah benar (tentang jumper pada processor bisa anda periksa pada manual booknya)


Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer. Demikian artikel yang kami buat kali ini, semoga bisa membantu masalah teman – teman sekalian. Lihat juga Mengatasi beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer

--- PC INFO ---

0 comments:

Post a Comment