1/30/15

10:32 AM
1
PC INFO - Merawat komputer adalah suatu keharusan bagi pengguna komputer aktif, karena dengan merawatnya, kita akan mengurangi beberapa masalah pada komputer seperti hang, lag bahkan dapat mengurangi resiko kerusakan fatal yang dapat mengakibatkan komputer atau laptop mati total. Disini, sekarang kita akan berbagi Tips cara merawat komputer dengan baik, tentunya dengan versi PC INFO sendiri dan mudah – mudahan dapat member pengetahuan teman – teman pembaca.

Jika perawatan komputer sering dilakukan, maka tentu komputer yang kita gunakan akan lebih awet dan terhindar dari masalah – masalah yang sering menyerang komputer. Berikut adalah Tips cara merawat komputer dengan baik.
Tips cara merawat komputer dengan baik
Komputer dan laptop

  • Hentikan atau tutup program yang tidak dipakai. Hal itu akan meringankan kinerja RAM karena dengan menutup program yang tidak diperlukan akan mengurangi memory usage sehingga akan membuat komputer lebih ringan.
  • Gunakanlah anti virus yang update agar dapat mendeteksi virus baru yang ada di komputer. Akan tetapi, jika virus sudah terlanjur menyebar pada komputer, jangan terlalu mengandalkan anti virus dan sebaiknya lakukanlah format hard disk agar mengurangi resiko kerusakan pada hard disk.
  • Lakukan lah pengecekan program, jika ada program yang tidak terpakai, sebaiknya uninstall saja karena hal itu akan memberikan sedikit space dalam hardisk anda sehingga akan mempercepat proses read/write.
  • Menggunakan UPS adalah pilihan yang baik. Karena dengan menggunakan UPS akan mengurangi resiko kerusakan yang diakibatkan oleh pemadaman listrik secara mendadak. jika tidak punya UPS, Stabilizer juga merupakan pilihan yang cukup bagus, karena dengan Stabilizer, naik dan turunnya tegangan akan menjadi stabil.
  • Defrag hard disk secara rutin agar komputer mudah melakukan read/write dan tentunya hal ini akan membuat hard disk menjadi lebih awet.
  • Bersihkan lah file – file sampah menggunakan Disk cleanup. Dengan membersihkan file – file sampah, akan membuat proses read/write hard disk menjadi lebih ringan.
  • Tambahkan kabel ground pada chasing komputer agar menghindari nyetrum saat di sentuh. Cara ini juga bisa menetralkan arus listrik yang tak terkendali yang dapat merusak komputer anda.
  • Jika anda menggunakan speaker aktif, jangan letakan speaker terlalu dekat dengan monitor karena medan magnet yang terdapat pada speaker akan mempengaruhi warna menjadi tidak stabil. Letakanlah speaker 30 cm dari monitor agar terhindar dari pengaruh medan magnet speaker.
  • Rutin membersihkan motherboard dan komponen lain menggunakan sikat halus agar terhindar dari debu. Sebaiknya lakukan pembersihan 6 bulan sekali.

Sekian Tips cara merawat komputer dengan baik dari kami, semoga coretan kami kali ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Baca juga coretan kami tentang 5 pemutar musik Alternatif untuk Windows


--- PC INFO ---

1 comments: