1/26/15

11:34 AM
PC INFO - Dari hasil pengalaman saya dalam menggunakan komputer, saya menemukan beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer. Masalah yang timbul kebanyakan disebabkan oleh Hardware pada komputer. Nah untuk mengatasi solusi tersebut, PC INFO akan membahas tentang Mengatasi beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer.
Mengatasi beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer
Komputer

Power Supply (PSU)

Gejala: Saat komputer dihidupkan, tidak ada reaksi apa – apa, lampu indikator (led) tidak menyala, monitor tidak menampilkan apa – apa, kipas PSU mati dan lampu indikator monitor mati.

Solusi: Periksa kabelnya, apakah sudah terhubung dengan baik? Lalu apa steker yang terpasang dengan socket apa sudah terpasang dengan baik? Jangan lupa juga untuk memastikan tombol ON / OFF Power Supply pada posisin hidup atau ON. Jika hal – hal tadi menurut anda sudah benar semua, cobalah untuk mengganti kabel power dengan kabel yang cukup bagus. Dan jika hal itu juga masih belum berhasil, sebaiknya ganti power supply dengan yang baru.

Mother Board

Gejala: Monitor tidak menampilkan apa – apa saat setelah dihidupkan, lampu indicator depan menyala, PSU dan Processor kipasnya menyala, lampu indicator monitor hidup tapi berkedip, tidak menimbulkan suara beep.

Solusi: Cabut semua kabel koneksi seperti kabel power untuk menghubungkan ke listrik, ke monitor, keyboard dan mouse, dan kabel – kabel lainnya termasuk yang di CPU. Lalu lepas semua komponen yang masih terhubung dengan CPU sehingga hanya motherboard saja yang masih menempel di dalam cashing. Lalu cek motherboard, apakah ada yang terbakar?? Jika tidak ada, maka kemungkinan kerusakan yang terjadi ada pada program BIOS nya.

Hard Disk

Gejala: Saat komputer dinyalakan, lalu pada loading windows screen komputer akan melakukan restart dengan sendirinya atau sebelum masuk loading windows, aka nada peringatan yang bertuliskan Hard disk error.

Solusi: Coba untuk periksa kabel konektor nya, apakah longgar? Jika iya, sebaiknya coba untuk mengganti kabel konektor hard disk nya. Tapi jika tidak longgar, namun masih terjadi kendala seperti tadi kemungkinan hard disk nya sudah tidak normal atau rusak.

Operating system not found

Gejala: Saat komputer dihidupkan dan setelah proses post muncul peringatan Operating system not found

Solusi: Instal Ulang adalah solusi terbaik untuk masalah ini.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada komputer. Demikian artikel yang kami buat kali ini, semoga bisa membantu masalah teman – teman sekalian. Kunjungi juga Cara mengatasi Hard Disk yang terkena Bad Sector


--- PC INFO ---

0 comments:

Post a Comment