1/20/15

6:48 PM

PC INFO Tips merakit Komputer yang baik dan murah adalah bahasan yang akan di ulas oleh PC INFO pada kesempatan kali ini. “Bagaimana sih cara merakit komputer yang baik / benar??” merakit komputer yang baik itu menurut PC INFO adalah bagaimana kita menyesuaikannya dengan kebutuhan kita. Digunakan untuk apakah komputer yang akan kita rakit ini?? Apa untuk kepentingan office?? Atau untuk design grafis?? Main game?? Atau sekedar hanya untuk multimedia saja?? Jadi, semua itu tergantung pada kebutuhan si penggunanya. Nah disini kita akan mengulas tentang cara bagaimana cara merakit komputer yang benar versi PC INFO, simak baik – baik ulasannya.
Tips merakit Komputer yang baik
Komputer Rakitan

  • Seperti yang telah dijelaskan tadi, tentukan dulu digunakan untuk apa komputer tersebut. Jika komputernya hanya untuk keperluan office saja, kita tidak harus membutuhkan komputer yang high specification atau spesifikasi tinggi. Kenapa?? Karena biasanya komputer untuk office kebanyakan hanya digunakan untuk menulis. Berbeda dengan komputer yang digunakan untuk design grafis dan gamming. Biasanya komputer yang digunakan pada design grafis dan gamming harus berspesifikasi tinggi, karena memang design grafis dan gamming itu membutuhkan kinerja komputer yang tinggi dan tentunya mahal.
  • Pilihlah Motherboard sesuai kebutuhan komputer anda. Karena Motherboard lah yang akan menentukan seperti apa jadinya komputer anda. Jika tidak tahu Motherboard seperti apa yang anda butuhkan, bisa caritau sendiri di google.
  • Cobalah untuk memilih Processor yang memadai. Pilihlah juga sesuai kebutuhan. Misalnya anda ingin merakit komputer untuk keperluan gamming, pilihlah processor yang mempunyai tingkatan yang tinggi seperti misalnya processor Intel I-series atau AMD FX. Tentunya Proccesor disini harus disesuakan dengan socket yang ada di Motherboard.
  • Tentukan Hardisk yang cukup mumpuni dengan kebutuhan. Jika anda ingin merakit komputer untuk design grafis, gunakan lah hardisk yang kecepatan tinggi dan tentunya kapasitas yang memadai juga. Sama halnya dengan komputer untuk design grafis, komputer gamming juga membutuh kan hardisk yang mempunyai dayatahan tinggi, berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar, kenapa?? karena pastinya untuk menjalankan game itu membutuhkan performa hardisk yang sangat tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan jika kita menggunakan hardisk yang biasa2 saja akan membuat hardisk yang kita pakai cepat rusak.
  • Gunakan lah RAM minimal 2GB DDR3 untuk penggunaan pada komputer design grafis atau gamming. Sedangkan untuk penggunaan pada komputer office, 1GB DDR2 pun sudah cukup bagus.
  • VGA adalah salah satu komponen yang terpenting dalam design grafis ataupun gaming. Karena VGA lah yang menentukan outpot grafis. Semakin babgus VGA Card yang kita pakai, semakin bagus juga outputnya. Untuk komputer office sendiri, sepertinya tidak terlalu membutuhkan VGA Card karena VGA Internal atau VGA bawaan motherboard pun sudah cukup.
  • Pemilihan Power supply (PSU) itu harus hati – hati, karena PSU merupakan jantung dari komputer yang akan anda rakit. Untuk komputer office cukup menggunakan PSU bawaan casing. Lain halnya dengan komputer untuk design grafis atau gamming, gunakan lah PSU yang mempunyai daya yang tinggi karena sudah pasti komponen – komponen yang digunakan dalam komputer itu akan membutuhkan daya yang tinggi. (bagi pemula sebaiknya tanyakan langsung ke teman yang lebih mengerti untuk menghindari resiko kerusakan pada komponen).
  • Terakhir, perhatikanlah semua keseimbangan komponennya untuk menghindari Bottleneck. Jika tidak tahu apa itu Bottleneck, sebaiknya anda cari sendiri artinya di google.

Itulah beberapa tips merakit komputer versi PC INFO. Jika ada tulisan yang kurang dimengerti atau kurang bisa difahami, bisa ditanyakan melalui komentar atau kirimi kami pesan di menu layanan Contact.

--- PC INFO ---

0 comments:

Post a Comment